27.6 C
Jakarta

5 Doa Pembuka Rezeki, Coba Dibaca Agar Rezeki Datang dari Berbagai Penjuru

Published:

RBN, Depok – Ada beberapa doa pembuka rezeki yang bisa diamalkan agar pintu rezeki terbuka dari berbagai penjuru. Amalkan doa ini dengan penuh keikhlasan agar Allah SWT melimpahkan nikmat-Nya.
Allah SWT memang telah menjamin rezeki bagi semua hamba-Nya. Namun tentu harus diiringi dengan usaha dan doa.

Terkait dengan rezeki yang telah ditetapkan, dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 6, Allah SWT berfirman,

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Mengutip buku Doa Mengundang Rezeki: Sukses dalam Hidup, Berkah dalam Usaha oleh Islah Susmian dijelaskan bahwa ayat tersebut menegaskan bahwa setiap makhluk harus beraktivitas dan melakukan usaha dalam menjemput rezekinya. Artinya, rezeki yang disediakan Allah SWT tersebut perlu diundang, harus direspons, dan juga disambut dengan cara bekerja.

Berdoa termasuk dalam usaha dalam menjemput rezeki. Ada doa-doa yang bisa diamalkan untuk membuka pintu rezeki. Doa ini ditujukan sebagai harapan agar Allah SWT Yang Maha Kaya berkenan memberikan rezeki, bahkan dari tempat yang tidak disangka-sangka.

Doa Pembuka Rezeki
Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan untuk membuka pintu rezeki. Amalkan saat akan mulai bekerja, saat bekerja ataupun setelah bekerja.

Jangan lupa untuk selalu menjaga sholat fardhu dan senantiasa berdzikir untuk memuji kebesaran Allah SWT.

1. Doa Pembuka Rezeki Versi Pertama
Diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW mengajarkan doa pembuka rezeki yang dapat diamalkan saat berangkat bekerja,

Baca juga:  Saatnya Rayakan Moment Lebaran Bersama Keluarga di The Margo Hotel

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Arab latin: Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta’jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.

2. Doa Pembuka Rezeki Versi Kedua
Doa pembuka rezeki juga bisa dibaca usai sholat fardhu. Berikut bacaannya,

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu” (Q.S At-Talaq:3).

3. Doa Pembuka Pintu Rezeki Versi Ketiga
Doa berikut bisa diamalkan untuk membuka pintu rezeki dari segala penjuru.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ اَنْوَاعِ الرِّزْقِ وَالْفُتُوْحَاتِ، بَابَاسِطَ الَّذِيْ يبَسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَآء بِغَيْرِ حِسَابٍ اُبْسُطْ عَلَيَّ رِزْقًا كَثِيْرًا مِنْ كُلِّ جِهَةٍ مِنْ خَزَائِنِ رِزْقِكَ بِغَيْرِ مِنَّةٍ مَخْلُوْقٍ بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Wahai Allah limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw; sebanyak aneka rupa rizqi. Wahai Dzat Yang Maha Meluaskan rizqi kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskan dan banyakanlah rizqiku dari segenap setiap penjuru dan perbendaharaan rizqi-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu jua. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau.

Baca juga:  Tadarus Seni, Saat Seni Menjadi Alat Berdakwah di Bulan Ramadan

4. Doa Pembuka Pintu Rezeki Versi Keempat
اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ

Arab latin: Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

Artinya: “Ya Allah, Dzat Yang Maha kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Maha mulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.”

5. Doa Pembuka Pintu Rezeki Versi Kelima
Doa pembuka rezeki ini bisa dilafalkan pagi dan sore hari,

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Arab latin: Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, denganMu aku berpagi hari, denganMu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, denganMu kami mati. Hanya kepadaMu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya) (*)

Berita Terkait

spot_img

Berita Terkini

spot_img