27.6 C
Jakarta

Fotografer Indonesia Arie Basuki Raih Penghargaan World Press Photo 2024

Published:

RBN, Depok – Fotografer merdeka.com Arie Basuki meraih penghargaan World Press Photo (WPP) untuk kategori honorable mention untuk wilayah Asia Tenggara dan Oceania Tahun 2024.

Foto berjudul “Pollution in the Cileungsi River” berhasil menobatkan fotografer merdeka.com, Arie Basuki meraih penghargaan khusus dari juri World Press Photo 2024.

Arie Basuki memotret kerusakan lingkungan di Daerah Curug Parigi, Kota Bekasi, Jawa Barat. Mata kameranya diarahkan ketika seorang warga terjun ke Sungai Cileungsi mengambil jaring yang tersangkut.

Arie Basuki (Arsip Pribadi)

Dalam foto tersebut, Arie Basuki menangkap momentum ketika warga yang diselimuti busa putih di sungai. Pria yang akrab disapa Arbas ini menampilkan visual kerusakan lingkungan akibat limbah industri. Kerusakan lingkungan yang berdampak langsung dan dirasakan rakyat kecil.

Foto tersebut bermula dari riset yang dilakukan Arbas pada Agustus 2023. Saat itu, isu yang muncul adalah pelayanan air bersih PDAM Bekasi dihentikan. Penyebabnya, tercemarnya sungai di Bekasi.

”Saya lihat ada warga sedang menjala ikan tapi jaringnya tersangkut batu, warga itu langsung nyebur untuk mengambil jaringnya,” jelas Arbas.

Puluhan frame foto diambil dari momentum tersebut. Arbas mengirimkan 10 foto terbaik dari peristiwa itu, lalu dikirim ke Panitia World Press Photo dengan judul ”Pollution In the Cileungsi River”.

Setelah proses yang panjang dalam penjurian, foto milik Arbas berhasil meraih salah satu penghargaan dalam World Press Photo 2024.

“(Ini) Penghargaan terbaik karena tingkat kesulitan yang tinggi untuk bisa menembus World Press Photo, seleksi dari puluhan ribu foto dari ribuan fotografer terbaik seluruh dunia,” jelas Arbas.

Baca juga:  BPN Kota Depok Sosialisasikan Keunggulan Sertifikat Elektronik, Indra Gunawan: Kesiapan SDM Kunci Utama

Berita Terkait

spot_img

Berita Terkini

spot_img