27.6 C
Jakarta

Kalimat-Kalimat Hikmah Bersama Ustadz Yanuar Isfanie: “Empat Unsur Watak Dasar Manusia”

Published:

RBN, Depok – Kalimat-Kalimat Hikmah Bersama Ustadz Yanuar Isfanie: “Empat Unsur Watak Dasar Manusia”

Empat unsur Watak Dasar manusia :

  1. Nabatiyah alami seperti tumbuhan (ingin tumbuh menjadi lebih baik)
  2. Hayawaniyah liar seperti hewan (ingin semaunya sendiri)
  3. Syaithoniyah durhaka seperti syetan (ingin berontak dengan kenyataan)
  4. Malakiyah taat seperti malaikat (ingin amalannya dihargai)

Dan sebaliknya, ada empat unsur Rahmat Alloh yg jika manusia mendapatkannya niscaya selamat dari keburukan watak dasarnya.

Empat unsur rahmatNya berwujud Hablun Minalloohi (uluran tali hubungan dari Alloh) yang Dia julurkan dari langit, yang kalau ujung talinya kita pegang, niscaya ditarik mendekat kepadaNya :

Jika Alloh mengulurkan tali berwujud keadaan senang taat beribadah, maka kita ditarik mendekat masuk ke dalam rahmatNya melalui pintu ikhlash.

Jika Alloh mengulurkan tali berwujud keadaan tertimpa musibah maka kita ditarik mendekat masuk ke dalam rahmatNya melalui pintu sabar.

Jika Alloh mengulurkan tali berwujud keadaan berlimpah harta, maka kita ditarik mendekat masuk ke dalam rahmatNya melalui pintu syukur.

Jika Alloh mengulurkan tali berwujud keadaan terlanjur berbuat dosa, maka kita ditarik mendekat masuk ke dalam rahmatNya melalui pintu taubat.

Baca juga:  Kalimat-Kalimat Hikmah Bersama Ustadz Yanuar Isfanie: "Bagaimana mungkin bayangan menjadi lurus, jika tongkat yang menimbulkan bayangan tersebut ternyata bengkok ?"
Satrio Nusantoro
Satrio Nusantoro
Lahir di Jakarta September 1975, Lulusan Sarjana S1 jurusan Manajemen Informatika dan Komputer Universitas Gunadarma. Pernah bekerja di Editorial Foto Harian Kompas selama 20 tahun (2000-2020) Menjadi Pemimpin redaksi Ceritadepok.com sejak 2021 - 2024

Berita Terkait

spot_img

Berita Terkini

spot_img