27.6 C
Jakarta

Bakul Budaya FIB UI Bahas Rencana Acara “Sedekah Hutan 2024” Bersama Menteri Siti Nurbaya Bakar

Published:

RBN, Depok – Komunitas Bakul Budaya FIB UI diundang dalam rapat bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar beserta jajarannya di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Rabu sore 8 Mei 2024.

Agenda rapat salah satu di antaranya adalah membahas rencana pelaksanaan acara “Sedekah Hutan 2024” yang diinisiasi oleh komunitas Bakul Budaya FIB UI dan Makara Art Center Universitas Indonesia.

Komunitas Bakul Budaya FIB UI diundang dalam rapat bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar beserta jajarannya di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Rabu sore 8 Mei 2024. (Humas Bakul Budaya)

Sedekah Hutan 2024 adalah event tahunan yang digelar di hutan Universitas Indonesia dengan agenda menanam pohon secara massal yang didahului dengan kirab budaya dan ritual adat.

Penyelenggaraan di tahun 2024 yang akan dimulai pada awal Juni nanti adalah penyelenggaraan tahun ke-2. Pada Sedekah Hutan 2023 peserta yang mengikuti ritual adat sambil menanam pohon berjumlah sekitar 350 orang yang semuanya juga mengenakan berbagai macam pakaian adat dari sejumlah daerah di Nusantara.

Pada rapat ini Menteri Siti yang didampingi oleh sejumlah Dirjen menyambut baik dan mendukung rencana acara Sedekah Hutan 2024 yang sangat baik sebagai kampanye konservasi lingkungan hidup dengan kemasan kebudayaan dan tradisi Nusantara.

Komunitas Bakul Budaya FIB UI diundang dalam rapat bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar beserta jajarannya di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Rabu sore 8 Mei 2024. (Humas Bakul Budaya)

Pada pertemuan ini pihak Bakul Budaya diwakili oleh Ketua Umum Dewi Fajar Marhaeni, Kepala Humas Ayie Sri Suminar, Sekretaris Abrar Husin, Divisi Diskusi Budaya Widianti kamil, dan Divisi Apresiasi Budaya Chitaria Noeswantoro Poetri.

Setelah pertemuan ini seluruh tim dari Bakul Budaya dan juga Makara Art Center UI akan bergerak cepat mempersiapkan segala sesuatu demi lancarnya penyelenggaraan acara, dari mulai persiapan lokasi ritual adat dan penanaman pohon di hutan UI hingga mempersiapkan untuk mengundang berbagai komunitas adat di berbagai daerah di Indonesia yang secara rutin juga sudah berperanserta dalam gerakan konservasi alam melalui kebudayaa.

Baca juga:  Koramil Mapurujaya dan Persit KCK Ranting 08 Bagikan Takjil Kepada Warga
Satrio Nusantoro
Satrio Nusantoro
Lahir di Jakarta September 1975, Lulusan Sarjana S1 jurusan Manajemen Informatika dan Komputer Universitas Gunadarma. Pernah bekerja di Editorial Foto Harian Kompas selama 20 tahun (2000-2020) Menjadi Pemimpin redaksi Ceritadepok.com sejak 2021 - 2024

Berita Terkait

spot_img

Berita Terkini

spot_img