27.6 C
Jakarta

Belajar Tari Modinggu, Tari Panen Khas Sulawesi Tenggara, di Kampus FIB UI

Published:

RBN, Depok – Komunitas Bakul Budaya FIB UI menggelar latihan perdana Tari Modinggu di area Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, Sabtu 18 Mei 2024. Tari Modinggu adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Tarian ini merupakan tarian rakyat yang menggambarkan suasana dan aktivitas masyarakat saat musim panen, terutama musim panen padi.

Tarian ini sangat dikenal di masyarakat Tolaki di Sulawesi Tenggara dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti pesta panen raya, penyambutan, perayaan hari besar, festival budaya dan lain-lain. Menurut sejarahnya, tarian ini berawal dari kebiasaan masyarakat Tolaki saat panen raya, terutama masa panen padi.

Mereka melakukan aktivitas panen tersebut secara bergotong-royong atau bersama-sama, mulai dari memetik padi, mengangkat padi, dan lain-lain. Setelah padi terkumpul semua maka diadakan Modinggu, yaitu semacam menumbuk padi secara masal yang dilakukan oleh para muda-mudi.

Setelah acara Modinggu selesai kemudian diakhiri dengan Lulo bersama sebagai hiburan serta melepas lelah. Selain itu Lulo juga dilakukan untuk mempererat kebersamaan mereka. Tradisi ini terus berlajut di kalangan masyarakat Tolaki, hingga akhirnya menjadi suatu tarian yang disebut dengan Tari Dinggu ini.

Komunitas Bakul Budaya FIB UI menggelar latihan perdana Tari Modinggu di area Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, Sabtu 18 Mei 2024.. (Humas Bakul Budaya)

Komunitas Bakul Budaya mempelajari tarian ini guna mementaskannya dalam acara Sedekah Hutan 2024 yang akan digelar pada 1 hingga 5 Juni 2024 di Hutan Kota Universitas Indonesia. Acara Sedekah Hutan 2024 merupakan kerja bareng Bakul Budaya dengan Makara Art Center.

Adapun penyelenggaraannya pada tahun ini guna menyambut Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang jatuh setiap 5 Juni 2024, dan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Hal tersebut sejalan dengan semangat Bakul Budaya yang lahir dari rahim ILUNI FIB UI yang selalu menyuarakan toleransi dan keberagaman kepada seluruh masyarakat.

Baca juga:  Kalimat-Kalimat Hikmah Bersama Ustadz Yanuar Isfanie: "Sesunggguhnya Pertolongan Alloh Itu Dekat"

Berita Terkait

spot_img

Berita Terkini

spot_img