27.6 C
Jakarta

Peduli Lingkungan, Bakul Budaya dan MAC UI Mengajak Masyarakat Ubah Sampah Jadi Kompos

Published:

RBN, Depok – Komunitas Bakul Budaya FIB UI dan Makara Art Center UI (MAC UI) menyelenggarakan workshop membuat kompos dan slow living dalam rangkaian acara Sedekah Hutan 2024 di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, Selasa 4 Juni 2024.

Acara workshop ini dipandu oleh mentor Ukke R. Kosasih dari Kabin Kebun dan Suaib WS dari Ecoenzyme Nusantara. Sebelum workshop dimulai, acara diawali dengan bincang-bincang seputar pemanfaatan sampah untuk dijadikan barang yang berguna bagi masyarakat yang juga menghadirkan pembicara Edward Nixon Pakpahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selama diskusi, peserta diajak bertukar pengalaman mengenai pengelolaan sampah rumah tangga dan juga mendengarkan cerita tentang gaya hidup slow living yang asyik yang sudah dijalani oleh Ukke R. Kosasih dan suaminya, Stefan Sihombing selama 8 tahun.

Dalam workshop yang digelar sejak pagi ini, Ukke dan Suaib mengajarkan bagaimana memanfaatkan sampah di lingkungan rumah untuk dijadikan kompos. “Saya tadinya orang kota banget lihat cacing saja ngeri, tapi sejak saya pindah ke Bandung Barat dan memproduksi kompos, cacing menjadi bestie saya”, tutur Ukke yang dulunya tinggal di kawasan Bintaro.

Kompos ini nantinya menjadi pupuk organic yang sangat berguna untuk menyuburkan aneka macam tanaman, mulai dari sayuran hingga tanaman buah, yang tentu saja ramah lingkungan dan tidak membahayakan Kesehatan manusia karena tidak mengandung bahan-bahan kimia.
Ketua Umum Bakul Budaya Dewi Fajar Marhaeni berpendapat bahwa dengan penyelenggaraan Sedekah Hutan 2024 dengan tema “Ramah dari Rumah” ini dapat tercipta kesadaran di masyarakat akan pentingnya memilah dan memanfaatkan sampah. Penyelenggaraan Sedekah Hutan 2024 selama 5 hari ini juga didukung oleh berbagai pihak seperti PT. Freeport Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, juga Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Baca juga:  Berita Foto: Wali Kota Dan Istri Bersepeda Di GDC

Berita Terkait

spot_img

Berita Terkini

spot_img