27.6 C
Jakarta

Menikmati Semburat Mentari Pagi di Kaki Gunung Ciremai

Published:

RBN, Kuningan – Sebuah destinasi alam unik yang terletak di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya terkenal dengan lokasi wisata yang menjadi surga bagi para pecinta lingkungan.

Namanya Sawah Lope, sebuah destinasi wisata yang bersih dari sampah ini membuat para pengunjung ketagihan untuk mendatanginya.

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, desa tersebut juga menjadi surga bagi para pecinta lingkungan karena kebersihannya yang terjaga dengan baik. 

Latar belakang Gunung Ciremai membuat liburan pagi hari dengan suguhan semburat mentari pagi semakin menyenangkan. Wisata yang tak pernah sepi pengunjung setiap harinya ini menyediakan banyak fasilitas yang bisa memanjakan pengunjung.

Latar belakang Gunung Ciremai membuat liburan pagi hari dengan suguhan semburat mentari pagi semakin menyenangkan. Wisata yang tak pernah sepi pengunjung setiap harinya ini menyediakan banyak fasilitas yang bisa memanjakan pengunjung. (Satrio Nusantoro)

Sawah Lope menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Mereka bukan hanya dari Kabupaten Kuningan tetapi juga dari berbagai daerah kabupaten dan kota di luar Kabupaten Kuningan.

Sesuai namanya Sawah Lope, berlokasi di pesawahan Desa Cikaso. Desa ini berada di Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Lope bukan Love yang dalam bahasa Inggris berarti cinta atau kasih sayang. Lope di sini merupakan akronim dari Lokasi Pesawahan. Namun jangan dikira tidak ada cinta atau kasih sayang di tempat ini.

Sambutan hangat dan pelayanan prima menjadi hal utama dalam memuaskan setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Sawah Lope memadukan pesona alam pedesaan yang damai dengan kehidupan pertanian yang asri. Pengunjung akan terpesona oleh pemandangan sawah hijau, saluran irigasi berkilau, dan suasana pedesaan yang tenang. Ini adalah tempat ideal untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota.

Bagi anak-anak, terdapat wahana bermain seperti kolam renang mini, trampolin, dan kolam terapi ikan. 

Sawah Lope menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Mereka bukan hanya dari Kabupaten Kuningan tetapi juga dari berbagai daerah kabupaten dan kota di luar Kabupaten Kuningan. (Satrio Nusantoro)

Selain pesona alam dan budaya, Sawah Lope juga memiliki tempat religi, yaitu mata air Cikabulakan dengan sejarah dan mitos menarik. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Ciremai yang megah dari jarak dekat.

Baca juga:  Wisata Ramah Lingkungan di Depok melalui Lomba Foto “JAJAL TREK Depok Urban Trek (DUT)”

Jika Anda merencanakan kunjungan pada hari Minggu, Sawah Lope menambahkan sentuhan khusus dengan hiburan live musik yang memeriahkan suasana.

Juga, Sawah Lope sangat cocok sebagai lokasi foto pra pernikahan (pre-wedding), pengambilan gambar film, atau pembuatan konten yang instagramable.

Pada tahun 2021, Sawah Lope menjadi salah satu dari 300 penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Cikaso khususnya dan Kabupaten Kuningan pada umumnya. Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf), Bapak Sandiaga Uno.

Mengapa Sawah Lope mendapat penghargaan ADWI tahun 2021, tentu banyak sekali keunggulan yang dimiliknya. Ayo kunjungi agar dapat merasakan keunggulan tersebut.

Satrio Nusantoro
Satrio Nusantoro
Lahir di Jakarta September 1975, Lulusan Sarjana S1 jurusan Manajemen Informatika dan Komputer Universitas Gunadarma. Pernah bekerja di Editorial Foto Harian Kompas selama 20 tahun (2000-2020) Menjadi Pemimpin redaksi Ceritadepok.com sejak 2021 - 2024

Berita Terkait

spot_img

Berita Terkini

spot_img